Bentuk dan Kategori Khazanah Ekoleksikal Pengetahuan Obat Tradisional Suku Yali Papua

BENTUK DAN KATEGORI KHAZANAH EKOLEKSIKAL
PENGETAHUAN OBAT TRADISIONAL SUKU YALI PAPUA:
Kajian Ekolinguistik

Eduard Wandik

Program Magister Lingkungan PPS UNIPA – Manokwari


ABSTRAK

Tulisan ini bertujuan mengungkap tentang interaksi ekologi dan manusia dalam membentuk suatu sistem kebahasaan (linguistik) sebagai perwujudan konkret manusia dan lingkungan untuk berusaha menyoroti, menganalisis, dan mempresentasikan seluruh unsur dalam alam semesta sehingga interaksi yang terjadi didalamnya, diperlukan uraian tentang ekologi dan ekosistem dalam konteks ekologi bahasa atau eko-linguistik bagi suku Yali Papua.
Fakta saat ini bahwa lingkungan hendaklah dipandang sebagai alam yang dijaga kelestariannya. Pelestarian sumber daya lingkungan erat hubungannya dengan pelestarian bahasa Yali karena khazanah ekoleksikal merupakan bagian dari situasi alam yang berhubungan dengan peradaban manusia Yali terhadap lingkungannya.
Secara praktis, hasil penelitian “Khazanah Ekoleksikal Pengetahuan Obat Tradisional Suku Yali: Kajian Ekolinguistik” ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada komunitas penuturnya tentang pentingnya pelestarian lingkungan terkait obat-obatan tradisional suku Yali yang merupakan kekayaan alam sebagai ciri kekhususan yang terealisasikan melalui bahasa. Selain itu, hasil penelitian ini dapat diharapkan untuk menjadikan sebagai bahan pembelajaran muatan lokal yang menggambarkan kekayaan bahasa dan budaya agar dapat dimanfaatkan oleh dunia pendidikan, baik formal maupun informal sehingga generasi penerus memahami dan mencintai bahasa Yali, budayaYali dan lingkungan alam Yali.


Kata Kunci: bentuk, kategori, ekoleksikal, pengetahuan obat tradisional, dan suku Yali

Posting Komentar

0 Komentar