Aspek Sosial Budaya sebagai Penunjang Kebijakan Pendidikan

ASPEK SOSIAL BUDAYA SEBAGAI PENUNJANG KEBIJAKAN PENDIDIKAN
DI KABUPATEN KEPULAUAN YAPEN PROVINSI PAPUA:
Analisis Wacana Keberpihakan Otsus Papua

ANTONIA KLARA

Universitas Cenderawasih - Jayapura

ABSTRAK

Tulisan ini bertujuan mengungkap tentang wacana pemerintah menetapkan kebijakan melalui pemanfaatan keuangan dengan mendayagunakan berbagai sumber penerimaan daerah untuk membiayai program kegiatan dalam rangka membangun pendidikan yang berkualitas bagi masyarakat di Kabupaten Kepulauan Yapen Provinsi Papua.
Fakta saat ini bahwa dengan meningkatnya pendapatan per kapita, kemampuan masyarakat untuk membiayai pendidikan menjadi lebih tinggi, sehingga permintaan akan jenjang pendidikan menjadi lebih tinggi dan waktu untuk sekolah pun menjadi lebih lama. Dalam perspektif wacana ekonomi, pada hakikatnya bahwa pembangunan ekonomi ke seluruh daerah di Indonesia telah mendorong pemerintah pusat untuk melakukan kontrol politik dan ekonomi terhadap pemerintah daerah.
Pada prinsipnya, tulisan ini dielaborasi dalam rangka pembangunan yang berorientasi pada pemerintah daerah dengan memiliki ketergantungan fiskal sangat besar terhadap transfer dari pusat ke daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota. Untuk itu, dana otsus yang diterima pemerintah daerah provinsi/kabupaten menjadi bagian transfer yang sangat penting dan dinantikan dalam menunjang pembangunan berbagai bidang di Kabupaten Kepulauan Yapen Provinsi Papua.

Kata Kunci: sosial budaya, kebijakan pendidikan, Otsus Papua dan Kepulauan Yapen

Posting Komentar

0 Komentar