ASPEK
SOSIAL BUDAYA SEBAGAI PENUNJANG KEBIJAKAN PENDIDIKAN
DI
KABUPATEN KEPULAUAN YAPEN PROVINSI PAPUA:
Analisis
Wacana
Keberpihakan
Otsus Papua
ANTONIA KLARA
Universitas Cenderawasih - Jayapura
ABSTRAK
Tulisan
ini bertujuan mengungkap tentang wacana pemerintah menetapkan
kebijakan melalui pemanfaatan keuangan dengan mendayagunakan berbagai sumber penerimaan daerah untuk membiayai
program kegiatan dalam rangka membangun pendidikan yang berkualitas bagi
masyarakat di Kabupaten Kepulauan Yapen Provinsi Papua.
Fakta
saat ini bahwa dengan meningkatnya pendapatan per
kapita, kemampuan masyarakat untuk membiayai pendidikan menjadi lebih tinggi,
sehingga permintaan akan jenjang pendidikan menjadi lebih tinggi dan waktu
untuk sekolah pun menjadi lebih lama. Dalam perspektif wacana
ekonomi,
pada hakikatnya bahwa pembangunan ekonomi ke seluruh
daerah di Indonesia telah mendorong pemerintah
pusat untuk melakukan kontrol politik dan ekonomi terhadap pemerintah daerah.
Pada
prinsipnya, tulisan ini dielaborasi dalam
rangka pembangunan yang berorientasi pada pemerintah
daerah dengan memiliki ketergantungan fiskal sangat
besar terhadap transfer dari pusat ke daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota.
Untuk itu, dana otsus yang diterima pemerintah
daerah provinsi/kabupaten menjadi bagian transfer yang sangat penting dan
dinantikan dalam menunjang pembangunan berbagai bidang di Kabupaten Kepulauan Yapen Provinsi Papua.
Kata Kunci: sosial
budaya, kebijakan pendidikan,
Otsus Papua dan Kepulauan Yapen
0 Komentar