Bentuk dan Implemntasi Nilai Pendidikan Karakter dalam Cerita Mitos Manarmakeri

BENTUK DAN IMPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER
DALAM CERITA MITOS MANARMAKERI SUKU BIAK NUMFOR PAPUA

Flora Hana Dimara
Alumni Jurusan/Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP  UNIPA Manokwari
HP: +6285354656143

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mengungkap tentang nilai pendidikan karakter dalam Cerita Mitos Manarmakeri (CMM) Suku Biak Numfor Papua. Penelitian ini juga menyajikan gambaran kehidupan dan kenyataan sosial Suku Biak Numfor Papua. Sebagai sumber pengembangan sastra lokal Papua, CMM dimaksudkan sebagai media untuk menumbuhkan kecerdasan, rasa cinta, dan penghargaan terhadap sastra lokal sebagai  bagian dari warisan leluhur. Dengan demikian, CMM bermanfaat menunjang pengetahuan budaya, mengembangkan rasa karsa, dan membentuk watak atau karakter. Sastra bagian dari sasrta lokal, CMM dinilai dapat membentuk karakter siswa dengan efektif karena nilai-nilai dan moral yang terdapat dalam karya sastra tidak disampaikan secara langsung, tetapi melalui cerita dan metafora-metafora sehingga proses pendidikan berlangsung menyenangkan dan tidak menggurui. Nilai-nilai yang terkandung di dalam karya sastra diresapi oleh siswa dan secara tidak sadar merekonstruksi sikap dan kepribadian mereka.
Nilai pendidikan karakter dalam  CMM Suku Biak Numfor Papua dapat diurai melalui analisis, yakni (1) bentuk nilai pendidikan karakter, dan (2) implementasi  nilai pendidikan karakter.

Kata Kunci: Bentuk, Implementasi, Nilai Pendidikan Karakter, dan Papua

Posting Komentar

0 Komentar