BENTUK DAN
IMPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER
DALAM CERITA
MITOS MANARMAKERI SUKU BIAK NUMFOR PAPUA
Flora Hana Dimara
Alumni Jurusan/Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia
FKIP UNIPA Manokwari
HP: +6285354656143
ABSTRAK
Penelitian
ini bertujuan mengungkap tentang nilai pendidikan karakter dalam Cerita Mitos
Manarmakeri (CMM) Suku Biak Numfor Papua. Penelitian ini juga menyajikan
gambaran kehidupan dan kenyataan sosial Suku Biak Numfor Papua. Sebagai sumber
pengembangan sastra lokal Papua, CMM dimaksudkan sebagai media untuk
menumbuhkan kecerdasan, rasa cinta, dan penghargaan terhadap sastra lokal
sebagai bagian dari warisan leluhur. Dengan
demikian, CMM bermanfaat menunjang pengetahuan budaya, mengembangkan rasa
karsa, dan membentuk watak atau karakter. Sastra bagian dari sasrta lokal, CMM dinilai dapat membentuk karakter siswa
dengan efektif karena nilai-nilai dan
moral yang terdapat dalam karya sastra tidak disampaikan secara langsung,
tetapi melalui cerita dan metafora-metafora sehingga proses pendidikan
berlangsung menyenangkan dan tidak menggurui. Nilai-nilai yang terkandung di
dalam karya sastra diresapi oleh siswa dan secara tidak sadar merekonstruksi sikap dan
kepribadian mereka.
Nilai
pendidikan karakter dalam CMM Suku Biak Numfor
Papua dapat diurai melalui analisis, yakni (1) bentuk nilai pendidikan karakter,
dan (2) implementasi nilai pendidikan
karakter.
Kata Kunci: Bentuk, Implementasi, Nilai Pendidikan Karakter,
dan Papua
0 Komentar