KO’SAPA Ajak Masyarakat Papua Membaca dan Menulis

Jayapura, Ko'Sapa – Koordinator Sastra Papua Andi Tagihumma mengatakan, banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengampanyekan membaca dan menulis kepada rakyat Papua, karena untuk melakukan kampanye membaca dan menulis itu butuh waktu dalam waktu yang lama. 

“Langkah-langkah starategis yang dapat dilakukan untuk meningkatkan minat baca dan tulis itu Misalnya, Seperti pentas monolog, theater, demo puisi, kampanye, masih banyak kegiatan lainnya, kemudian membuka ruang ekstrakulikuler di setiap sekolah dan perpustakaan sekolah harus ada.” Kata Andi Tagihumma saat ditemui, Ko'Sapa di kompleks Uncen Abepura, Rabu (27/4/2016).

Andi mengatakan kampanye membaca dan menulis itu menjadi penting, karena orang Papua memiliki budaya lisan. Namun jika orang Papua mau menciptakan peluang untuk mengangkat sastra lisan, sekaligus mematahkan budaya tutur melalui membaca dan menulis itu jauh akan bermanfaat.

“Saya mengajak untuk kita saling mengigatkan untuk membaca karena melalui membacalah kita bisa menulis apa saja yang kita mau tuliskan,” tutur Andi Tagihumma.

Di tempat terpisah, tokoh pendidikan juga Ketua Sinode Gereja Kingmi Papua,  Benny Giay dalam sebuah seminar pemuda pernah mengatakan, Budaya membaca dan menulis adalah peradaban baru yang harus dimulai dari rumah. Apabila Semakin diasah untuk menulis dan membaca, saat itu, peradaban dimulai. (*)

Posting Komentar

0 Komentar