Penunjuk Sentimen Sosial, Ras, Suku, Agama, Politik dan
Solidaritas di Tana Papua
Oleh; Izak
Morin
(PSBE FKIP Uncen Jayapura, Papua)
Ilustrasi, foto; indonesiakaya.com |
1. Pengantar.
Istila amber deng komin adala
dua kata dari Bahasa Biak yang kitong pinjam dan skarang kitong pake dalam
Bahasa Melayu Papua untuk kas tunjuk sentimen
sosial, ras, suku, agama, politik dan solideritas
sosial di Tana Papua. Dulu-dulu orang Biak dong pake kata/sapaan amber untuk panggil orang yang su skola
tinggi, yang pu pekerjaan (guru, pegawai, dll) ato yang pu jabatan dalam
pemerintahan. Ole karna itu, orang tua dong slalu bilang sama dong pu anana
begini: “Kam pi skola supa kam lagi jadi amber
untuk kitorang”. Untuk jadi amber anana
harus pi skola di sup amber (tempat/kota
untuk belajar supa dapa ilmu dan ketrampilan). Sup amber juga pu arti ‘tempat yang jau’. Pada masa Blanda anana
Biak pigi skola di sup amber sperti
Soren Doreri (Manokwari, Miei), Tabi (Jayapura), Serui, dan lain-lain. Dalam
era Indonesia, sup amber adala
Sulawesi, Bali, Jawa, dan lain-lain. Negara-negara sperti Amerika, Australia,
Blanda, Thailand adala juga sup amber.
Kata/sapaan komin terdiri dari dua kata ko
= kitong, kita; min = bagian
dari. Jadi, komin de pu arti ‘bagian
dari kitong’. Misalnya kalimat dalam Bahasa Biak, “John i komin diri.” [John de bagian dari kitong]. Dalam pemakaian
sehari-hari di Tana Papua kitong bilang: “John itu kitong pu orang.” Orang
Inggris dong bilang: “John is part of us.” ato “John is our man”
Jadi, dalam masyarakat Biak sapaan
amber pu makna eksklusif hirarkis,
yaitu: kas tunjuk status sosial
sedangkan sapaan komin pu makna
inklusif simetris, yaitu: kas tunjuk kesamaan/kohesi
ato solideritas/kesetiakawanan. Namun,
dalam pemakaian di Tana Papua dong dua pu
makna su tageser sedikit sesuai deng konteks dimana dong dua dapa pake dalam
komunikasi dan tindakan antara manusia.
2. Penunjuk ras, suku, agama dan politik.
Dulu-dulu orang Biak dong pake
kata/sapaan amber untuk panggil
suku-suku lain seperti Sentani, Serui, Mee, Dani, dan lain-lain di Tana Papua yang
datang ke Biak. Pada waktu Blanda dong datang ke Tana Papua orang Biak panggil
dorang amber dan tamba frasa be pioper [yang berwarna puti] sehingga ada
frasa amber be pioper [orang asing
yang pu kulit puti]. Kemudian, pada saat Perang Pasifik tahun 1942 tentara
Amerika tiba di Numfor dan di antara tentara Amerika ada orang-orang hitam
(Black American). Orang Biak panggil dorang amber
be paisem [orang asing yang pu kulit hitam]. Pada tahun 1969 Indonesia dong
datang ke Tana Papua dan orang Papua panggil dorang amber karena dong pu warna kulit tra sama deng kebanyakan orang
Papua.
Jadi, skarang ini pemakaian amber-komin
cenderung kas tunjuk bahwa ada perbedaan rasial yang berbasis kulit dan
rambut. Misalnya, ada orang Papua yang dapa ajar sampe bangka-bangka dalam sel
Brimob di Kotaraja dan waktu de keluar dari sel de pu teman-teman tanya begini:
“Brimob yang ajar ko tu amber ka komin?” Kalo de pu jawaban itu komin maka teman-teman yang tanya tadi
nan dong pu komentar kemungkinan begini: “Kurang ajar! Komin saja mo” Artinya, mengapa Brimob orang Papua baru mo pukul
orang Papua. Tapi, kalo de pu jawaban amber
maka kawan-kawan yang tanya tadi dong pu komentar kemungkinan begini: “Amber kurang ajar! Tra tau diri! dst,
dst,dst…………….”(dapa maki ancor-ancor).
Kitong harus akui bahwa sentimen amber-komin
masi ada di kitong pu Tana Papua. Tampa lain juga ada sentimen seperti ini tapi
deng kata ato ungkapan ato tindakan yang beda. Misalnya, kampanye Brexit (British)
untuk keluar dari Uni Eropa dan kampanye Donald Trump untuk larang orang Timur
Tenga jadi pengungsi dan pencari suaka politik di USA adala bentuk tindakan dan
pernyataan politik. Jadi, dari sisi politik, Teresa May di Inggris (British)
dan Donald Trump di USA adala orang-orang yang pu orientasi pada sentimen komin dan abaikan amber. Demo terhadap Gebernur DKI Ahok di Jakarta dan pembubaran
ibada Natal di Bandung adala dua conto fenomena nasional yang merefleksikan
sentimen amber-komin dari sisi agama.
Dari sisi politik nasional, pembentukan kelompok Melindo (Melanesia Indonesia)
adala usaha penyemaian sentimen amber-komin
sedangkan pembentukan ULMWP (United Liberation for West Papua) adala usaha
pemisahan kedua sentimen tersebut.
3. Penunjuk kesamaan, kohesi dan solideritas sosial (dari perspektif komin)
Interaksi sosial yang baik dan akrab antara Papua dan non-Papua bisa bawa
perubahan dari makna rasial menjadi makna solidaritas sosial. Untuk itu,
pertama-tama sa mo bikin de pu skala sperti di bawa ini:
AMBER__________________________________________KOMIN
Rasial
====================================è Solidaritas
Orang amber bisa sampe ke titik komin kalo su lewat sala satu dari syarat-syarat sosial yang bersifat konvensional di Tana Papua. Pertama, lewat hubungan perkawinan. Laki-laki amber nika deng perempuan komin. Ato, laki-laki komin nika deng perempuan amber. Kedua, lewat kelahiran. Anana yang pu bapa mama amber tapi lahir besar Papua dan slalu bergaul deng anana Papua sejak anana. Ketiga, lewat adopsi. Anana amber yang dapa adopsi dari keluarga komin. Keempat, lewat jaringan sosial dan politik. Individu maupun kelompok amber yang bangun jaringan kesetiakawanan sosial dan politik deng individu maupun kelompok komin. Misalnya, kelompok ‘FRI West Papua’ dan ‘Papua Itu Kita’ dan beberapa kelompok dan/ato lembaga lain dong su bisa pinda dari posisi amber ke posisi komin karena dong su kasi tunjuk dukungan lewat pernyataan lisan/tulis dan tindakan-tindakan nyata.
Bukti-bukti yang bersifat sosiolinguistik yang nan kas tunjuk bahwa dua
orang yang baku bicara ada pada posisi amber
adala kalo dong dua pake sapaan-sapaan sperti mas, daeng, mbak, ibu dan bapak.
Sedangkan, pada posisi komin adala
kalo dong dua su pake sapaan-sapaan sperti kaka,
ade, bapa, mama, mama ade, mama tua, bapa ade, bapa tua, om, tanta, dll. Tiga
conto berikut mo kas tunjuk bagemana proses sapaan amber bisa menjadi sapaan komin.
Pertama, Mas Eko adala orang Jawa yang suka
cari-cari bestu (besi tua) untuk beli. Pertama kali de datang cari-cari bestu
di kampung Pokhouw anana dan orang besar panggil de mas karna de bukan orang Papua. Daeng
Udin orang Makasar yang pake motor dan jual-jual ikan cakalang di kampung
Pokhouw. Pertama kali de datang jual ikan anana dan orang besar panggil de daeng karna de bukan orang Papua. Setelah
berkali-kali dong dua datang dan akhirnya ketahuan bahwa Eko pu maitua dari
Biak dan Udin pu maitua dari Serui maka terjadi perubahan sapaan antara penjual
dan pembeli.
Mas Eko waktu de beli bestu di orang Biak dong pu ruma de kas tau bahwa de pu maitua itu orang Biak. Trus, terjadi dialog dan dong tanya-tanya de pu maitua pu silsila. Ternyata, mas Eko pu maitua ada hubungan keluarga maka sapaan mas bruba jadi kaka dan ipar. Anana dong panggil kaka (tanpa nama Eko) dan orang tua dong panggil ipar Jawa (tanpa nama Eko).
Daeng Udin pu cerita juga sama. Waktu de jual ikan sama orang Serui de dengar-dengar begini dong pu cara bicara sama deng de pu maitua pu bahasa. Trus, de tanya-tanya begini ternyata de pu maitua deng pace Serui de pu maitua dong dua ade kaka. Akhirnya, sapaan daeng bruba jadi bapa tua dan kaka. Anana dong panggil bapa tua (tanpa nama Udin) dan pace Serui panggil kaka (tanpa nama Udin). Jadi, setiap kali dong dua datang ato lewat ruma-ruma ini dong dua pu posisi su bruba ke komin. Smua orang kampung panggil dong dua ipar Jawa dan ipar Makasar karna sama-sama kawin orang Papua. Posisi su bruba dari amber ke komin.
Mas Eko waktu de beli bestu di orang Biak dong pu ruma de kas tau bahwa de pu maitua itu orang Biak. Trus, terjadi dialog dan dong tanya-tanya de pu maitua pu silsila. Ternyata, mas Eko pu maitua ada hubungan keluarga maka sapaan mas bruba jadi kaka dan ipar. Anana dong panggil kaka (tanpa nama Eko) dan orang tua dong panggil ipar Jawa (tanpa nama Eko).
Daeng Udin pu cerita juga sama. Waktu de jual ikan sama orang Serui de dengar-dengar begini dong pu cara bicara sama deng de pu maitua pu bahasa. Trus, de tanya-tanya begini ternyata de pu maitua deng pace Serui de pu maitua dong dua ade kaka. Akhirnya, sapaan daeng bruba jadi bapa tua dan kaka. Anana dong panggil bapa tua (tanpa nama Udin) dan pace Serui panggil kaka (tanpa nama Udin). Jadi, setiap kali dong dua datang ato lewat ruma-ruma ini dong dua pu posisi su bruba ke komin. Smua orang kampung panggil dong dua ipar Jawa dan ipar Makasar karna sama-sama kawin orang Papua. Posisi su bruba dari amber ke komin.
Kedua,
Dr. Budi Hernawan, peneliti di Institut Abdulrachman Wahid Jakarta, adala orang
Jogya yang slalu dapa sapaan-sapaan kaka,
sobat dan bapa dari kebanyakan
orang Papua. Sa panggil de sobat Budi karna kitong dua pu umur betis
(beda-beda tipis). Dalam konteks lain orang Papua bisa panggil de pace Budi ato pace Hernawan karna sobat ini de su lama tinggal dan kerja di
kantor keuskupan Jayapura. Kalo sobat Budi datang ke Canberra ato Melbourne
(Australia) anana Papua dong biasa panggil de kaka (tanpa nama) karna
waktu de kulia untuk de pu titel Doktor di Australian National University (ANU)
di Canberra de slalu ikut kegiatan-kegiatan orang Papua. Ole karna itu, sobat
Budi su tageser dari posisi amber ke
posisi komin.
Ketiga, Surya
Anta, juru bicara, ‘Front Rakyat Indonesia (FRI) West Papua’, dan Veronika
Koman, pengacara ‘Papua Itu Kita’, lambat ato cepat dong dua su pasti dapa
sapaan-sapaan sperti kaka, kaka bos, kaka
ibu kalo anana Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) se Jawa Bali dong pu umur ada
di bawa Surya dan Veronika. Jadi, secara individu dong dua sedang tageser dari
posisi amber ke posisi komin. Sedangkan, secara organisasi
kedua institusi ini su ada pada posisi komin
sejak lahir.
4. Penutup.
Dari sudut sosiolinguistik, bahasa itu de cakadidi. De dinamis. De tra
bisa statis ato tadudu ato bakarat di satu tampa saja karna bahasa itu de bagian
yang tra bisa talapas dari manusia. Orang Biak dong pu teka-teki tentang bahasa
bilang: kora mura ryamura (kemana
saja kitong pergi de slalu sama-sama deng kitong). Ole karena itu, pemakaian
kata-kata amber dan komin juga su tageser dari Bahasa Biak
ke Bahasa Melayu Papua karna bebrapa orang Biak pigi kemana-mana di Tana Papua
dan slalu pake dua kata ini. Dan kalau para penyusun Kamus Bahasa Indonesia
rasa bahwa kata dua ini bisa kasi kaya perbendarahan kata Bahasa Indonesia maka
dong dua bisa dapa pili sebagai kata-kata yang pu nuansa lokal. Dengan demikian
dong dua pu nama nae di tingkat nasional.
Sentimen amber-komin masi ada
di Tana Papua dan tampa lain di Indonesia dan dunia. Di Tana Papua sentimen ini
de pake nama lain seperti pantai-gunung,
ikatan keluarga Wondama - panguyuban Jawa Timur, dll. Sentimen-sentimen ini tra bisa hilang tapi
tong bisa kas kurang dong pu tensi negatif. Secara nasional, demo Ahok pada
bulan November dan Desember 2016 kas tunjuk gambar yang jelas bahwa tensi negatif
masi tinggi di NKRI walaupun ada slogan ‘Bhinneka Tunggal Ika’. Ole karena itu,
Presiden Jokowi de inisiatif untuk bikin blusukan ke smua komponen bangsa supa
kas kurang tensi tersebut.
Beberapa institusi pemerinta dan masyarakat juga gelar macam-macam kegiatan di Jakarta dan daera lain untuk tujuan yang sama. Secara lokal, demo HAM pada tanggal 10 Desember 2016 di Wamena, Jayapura, Manokwari, Sorong dan kota-kota lain juga adala gambaran bahwa Jakarta-Papua pu tensi masi tinggi. Orang Jakarta bilang: “NKRI harga mati” tapi orang Papua bilang “NKRI mati harga”. Pertanyaan dari orang Papua adala Apaka Presiden juga mo bikin blusukan yang sama di Tana Papua dalam konteks HAM? Kalo presiden pu mulut masi takancing kuat-kuat maka tensi yang ada skarang ini tra mungkin dan tra akan turun-turun. Dengan demikian cela antara amber dan komin tra bisa dan tra akan tatutup. Justru tamba bokar dan bokar.
Beberapa institusi pemerinta dan masyarakat juga gelar macam-macam kegiatan di Jakarta dan daera lain untuk tujuan yang sama. Secara lokal, demo HAM pada tanggal 10 Desember 2016 di Wamena, Jayapura, Manokwari, Sorong dan kota-kota lain juga adala gambaran bahwa Jakarta-Papua pu tensi masi tinggi. Orang Jakarta bilang: “NKRI harga mati” tapi orang Papua bilang “NKRI mati harga”. Pertanyaan dari orang Papua adala Apaka Presiden juga mo bikin blusukan yang sama di Tana Papua dalam konteks HAM? Kalo presiden pu mulut masi takancing kuat-kuat maka tensi yang ada skarang ini tra mungkin dan tra akan turun-turun. Dengan demikian cela antara amber dan komin tra bisa dan tra akan tatutup. Justru tamba bokar dan bokar.
Dari perspektif komin, sapa
pun yang injak kaki di Tana Papua seharusnya ikuti pepata Indonesia yang
bilang: kalo maso kandang kambing ‘mengembik’ dan kalo maso kandang ayam ‘berkotek’. Kenyataan di Tana Papua
kas tunjuk bahwa kebanyakan orang-orang sipil bisa aplikasikan makna yang ada
dalam pepata ini deng cara menghormati dan menghargai orang-orang Papua dan dong
pu adat-istiadat. Tetapi, aparat negara bersenjata tra perna aplikasikan makna
yang ada karna dong sembunyi di blakang slogan ‘NKRI haga mati’.
Orang Papua menganut prinsip ‘kalo mo supa orang lain hormati dan hargai ko maka ko harus lebe duluan kas hormat dan hargai dorang’. Atas dasar prinsip ini, orang Papua buka tangan lebar-lebar untuk trima orang-orang dari Jawa, Sulawesi, Kalimantan, Bali, Jawa, Sumatra, NTB, NTT. Atas dasar prinsip yang sama, orang Papua trima Freeport, MIFEE dan Kebun Kelapa Sawit di mana-mana.
Ironisnya, kebaikan dapa balas deng kejahatan sehingga pepata Indonesia yang bilang: air susu dibalas dengan air tuba su terjadi, sedang terjadi, dan mungkin akan trus terjadi di kitong pu tana ini. Misalnya, peristiwa-peristiwa perampasan tana adat, penembakan, penyiksaan dan pembunuhan di Timika, Merauke, Kerom, Paniai dimana ada kebun kelapa sawit dan tambang emas adala gambaran yang jelas bahwa sekelompok kecil orang sipil dan perusahaan negara tetap ada pada skala amber. Dong terus pertahankan status quo sehingga trada usaha sama skali untuk pinda pelan-pelan dari status amber ke status komin. Conto lain, Pemerintah Jokowi-JK datang deng pendekatan infrastruktur dan ekonomi.
Ini adala pendekatan amber karna ada pernyataan miring dari Gubernur dan Wakil Gubernur dalam berita Jubi beberapa waktu lalu yang kas tunjuk bahwa pemerinta pusat bangun infrastruktur tanpa kansultasi yang komprehensif deng provinsi. Buktinya, Tempo (30 Juni 2016) kas tau bahwa proyek jalan kreta stop karena pembebasan tana blom rampung. Yang hanya bisa kas beres tana adat adala pemda Papua dan MRP. Sebaliknya, Pemerintah Papua juga datang ke Jakarta deng draft UU OTSUS PLUS. Ini adala pendekatan komin. Tapi, Jubi (9 Desember 2016) kas tau bahwa draft UU Otsus Plus tra maso dalam Prolegnas DPR RI 2017. Jadi, kalo pemerinta pusat masi pake sentimen dan/ato pendekatan amber dan tra mo pusing deng sentimen dan/ato pendekatan komin maka cela yang su bokar ini de tra akan perna tatutup.
Orang Papua menganut prinsip ‘kalo mo supa orang lain hormati dan hargai ko maka ko harus lebe duluan kas hormat dan hargai dorang’. Atas dasar prinsip ini, orang Papua buka tangan lebar-lebar untuk trima orang-orang dari Jawa, Sulawesi, Kalimantan, Bali, Jawa, Sumatra, NTB, NTT. Atas dasar prinsip yang sama, orang Papua trima Freeport, MIFEE dan Kebun Kelapa Sawit di mana-mana.
Ironisnya, kebaikan dapa balas deng kejahatan sehingga pepata Indonesia yang bilang: air susu dibalas dengan air tuba su terjadi, sedang terjadi, dan mungkin akan trus terjadi di kitong pu tana ini. Misalnya, peristiwa-peristiwa perampasan tana adat, penembakan, penyiksaan dan pembunuhan di Timika, Merauke, Kerom, Paniai dimana ada kebun kelapa sawit dan tambang emas adala gambaran yang jelas bahwa sekelompok kecil orang sipil dan perusahaan negara tetap ada pada skala amber. Dong terus pertahankan status quo sehingga trada usaha sama skali untuk pinda pelan-pelan dari status amber ke status komin. Conto lain, Pemerintah Jokowi-JK datang deng pendekatan infrastruktur dan ekonomi.
Ini adala pendekatan amber karna ada pernyataan miring dari Gubernur dan Wakil Gubernur dalam berita Jubi beberapa waktu lalu yang kas tunjuk bahwa pemerinta pusat bangun infrastruktur tanpa kansultasi yang komprehensif deng provinsi. Buktinya, Tempo (30 Juni 2016) kas tau bahwa proyek jalan kreta stop karena pembebasan tana blom rampung. Yang hanya bisa kas beres tana adat adala pemda Papua dan MRP. Sebaliknya, Pemerintah Papua juga datang ke Jakarta deng draft UU OTSUS PLUS. Ini adala pendekatan komin. Tapi, Jubi (9 Desember 2016) kas tau bahwa draft UU Otsus Plus tra maso dalam Prolegnas DPR RI 2017. Jadi, kalo pemerinta pusat masi pake sentimen dan/ato pendekatan amber dan tra mo pusing deng sentimen dan/ato pendekatan komin maka cela yang su bokar ini de tra akan perna tatutup.
Akhirnya, presiden su sadar juga. De bilang begini: ‘Saya ingatkan,
pelaksanaan pembangunan Papua juga harus perhatikan nilai-nilai hak asasi
manusia’ (Tempo, 9 November 2016). De juga bilang ‘pendekatan budaya pun mesti
diperhatikan. Pasalnya, masyarakat Papua merupakan subyek terpenting dalam
pembangunan’ (Tempo, 9 November 2016). De tra mo masyarakat Papua hanya jadi
penonton tapi harus terlibat dalam pembangunan Papua. Kalo pernyataan-pernyataan
ini cuma retorika politik maka tahun depan kitong pasti masi jalan di satu
tampa karna jarum amber pada skala amber-komin tra bagarak menuju ke ara
titik komin.
Tapi, seandainya, pernyataan di atas datang dari hati yang dalam maka
sentimen komin yang merupakan bagian
dari pendekatan budaya akan dan bisa bawa hasil
yang signifikan bagi orang Papua. Kalo ini yang akan terjadi maka sapaan ‘Mas Jokowi’ yang su bolak-balik
kampung-kampung di Tana Papua pada tahun ini akan bruba jadi sapaa ‘Kaka Jokowi’ ato ‘Ipar Jokowi’ (karena de pu maitua IRIANA dari Papua). Dengan demikian, orang Papua
akan bilang “Kaka Jokowi itu kitong
pu orang” ato “Ipar Jokowi itu kitong
pu orang”. Dan juga, konsep kekeluargaan dari antropolog Marshall Sahlins
(2014) yaitu: mutuality of belonging (saling
memiliki, saling membutuhkan, saling mencintai, saling menghargai dan saling
menghormati) akan jadi satu kenyataan yang melukiskan satu keluarga yang
harmonis dan beradab dalam ruma ‘Bhinneka Tunggal Ika’
Jow suba!!!
Wa wa wa!!!
Baca juga:
Ade deng Kaka (Bagian I)
Bapa, Mama deng Ana/Anak (Bagian II)
Bapa
ade, bapa tua, mama ade deng mama tua (Bagian III)
0 Komentar