Pendidikan Menurut Suku Indian

Geronimo, salah satu kepala suku Indian
Tentang SEKOLAH

Tawaran Pemerintah:
"Kalau orang Indian mau mengirim 6 pemuda Indian di kolese di Williamsburg, maka pemerintah akan memperhatikan bahwa mereka tidak berkekurangan apa-apa dan diajar dalam segala hal yang diketahui oleh orang kulit putih."

Jawaban Pemimpin Orang Indian:
Kami tahu bahwa anda menghargai tinggi pengetahuan itu dan bahwa pendidikan anda mahal sekali. Kami yakin dan berterimakasih atas maksud baik anda. Tetapi anda yang pintar sekali mesti mengetahui juga, bahwa bangsa-bangsa yang berlainan mempunyai nilai-nilai yang berlainan pula.

Maka anda pasti tidak sakit hati bila kebetulan cita-cita pendidikan kami dan anda tidaklahsama. Kami sudah mendapatkan pengalaman mengenai hal itu. Beberapa pemuda kami dulu pernah dididik di kolese dan diajar segala pengetahuan anda, tetapi ketika mereka kembali, mereka tidak pandai berlari lagi, tidak tahu hidup di hutan, tidak tahan dingin dan lapar, tidak tahu membuat pondok, tidak tahu membunuh rusa atau membunuh musuh, merekapun kurang pandai berbicara dalam bahasa kami. Sehingga mereka itu tidak bisa dipakai lagi sebagai pemburu, serdadu, atau penasihat. Mereka sama sekali tidak berguna lagi.

Biarpun begitu kami berterima kasih atas tawaran anda, walaupun tidak bisa kami terima. Dan untuk membuktikan rasa terima kasih, kami bersedia, kalau pemerintah Virgina mau mengirim 12 puteranya, untuk mengurus pendidikan, mengajar mereka segala hal yang kami tahu, pendeknya menjadikan mereka laki-laki dewasa.

(sebuah episode dari perjanjian di lancester-pensylvania 1974, antara pemerintah virginia &
suku indian)