Kitorang Bacarita, Komik Cerita Keindahan Papua

SALAH satu cara memperkenalkan kebudayaan adalah melalui tulisan. Sebuah buku komik anak-anak berjudul "Kitorang Bacarita - Komik AnakAanak Papua" diluncurkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Gedung Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Rabu (21/12/2011).

Buku yang juga digagasi oleh program Freeport Peduli PT. Freeport Indonesia tersebut merupakan kumpulan 49 karangan dalam sebuah buku, sebanyak siswa peserta lokalatih, dan ditulis siswa dari sepuluh sekolah dasar yang ada di Papua.  Buku komik ini menceritakan tentang keindahan alam papua, dongeng rakyat, kesenian asli daerah, sampai makanan khas Papua.

"Komik tidak lepas dari kehidupan anak-anak. Dan buku komik anak-anak papua ini istimewa karena bercerita mengenai apa yang mereka lihat dan alami sendiri," tutur Shinta Sirait, perwakilan dari PT Freeport Indonesia.

Selain berharap nantinya akan lahir banyak penulis-penulis cilik dari Papua setelah penerbitan buku ini, Kehadiran komik "kitorang bacarita" ini juga diharapkan dapat memberi pelajaran yang bermanfaat bagi anak-anak. "Melalui buku ini, semoga anak-anak Indonesia dapat belajar tentang kebudayaan papua, dan juga mengenai multikulturalisme dan juga prulalisme," tutur Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Wiendu Nuryanti.

Acara peluncuran buku ini dihadiri Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, siswa dari beberapa SD di Jakarta dan juga 2 pengarang buku komik ini, Keyza dan Kenneth. Peluncuran ini dimeriahkan tarian dan musik khas Papua.(uky)

Posting Komentar

0 Komentar