Ko Pu Cinta Cuma Cinta Dompet

Ilustrasi. Foto: kampleng.com.

Penulis: John Iyai

Z pu nama Rhoni. Z dari kota emas, Nabire. Z pu cerita ni berawal waktu z beranjak kuliah. Karena Ortu (orang tua) z dua-dua kerja dan di posisi yang pas, ortu suruh z boleh lanjut kuliah di luar pulau Papua. Waktu itu z bilang sama z pu mama deng bapa tuk lanjut kuliah di kota M di Sulewesi. Z daftar di salah satu kampuz yang bergengsi di kota itu. Ortu bayarkan uang registrasi dan awal semster hingga lunas. Juga uang utuk z pu kos selama setahun. Ortu juga kase tinggal uang sedikit di Bank untuk uang makan dan tugas-tugas kampuz.

Awal semester berjalan aman-aman. Z juga mulai blajar dong pu logat dan sesuaikan deng teman-teman di kota itu. Tra terlalu lama untuk blajar dong pu logat.  Singkat cerita. Saat itu, banyak cewek2 cantik dari berbagai daerah yang z ktemu di kmpuz itu. Waktu itu z su sangat tertarik sama Kartika. Cewek imut, cantik, cerdas juga. De juga suka kerjakan tugas, aktif di aktivitas mahasiswa luar kampuz, juga tra pilih-pilih teman. Sa paling suka de sudah.... she drives mi crazyyyyyy.. hahahaa... .

Ko tau, waktu itu z pendam z pu perasaan. Z mo ungkap z pu perasaan tapi  macam terlalu berat skali. Setiap kali z dekat deng dia z slalu bingung, kata apa yang z harus bilang duluan. Hal itu macam buat z hilang akal. Z pu otak blank langsung. Z tra tau lagi mo bicara apa.

Ah... anjret. pokoknya z suka dia tapi... .

Pengalaman macam bgini, z baru alami. Ko tau, di SMA z tra pernah tertarik sama cewek.  Z pu pkerjaan waktu itu, hanya ke skull, pulang ke rumah dan sore main bola di lapangan. Tra lebih dari itu. Tra pernah jalan-jalan deng cewek, apalagi pacaran. Aii tuharrr... trada, sumpah.  Z malu-malu, jadi, maklum saja (hahahaha...).

Karena z lama pendam rasa k apa, Kartika yg cantik, imut dan cerdas itu su milik orang lain. Z pu kaka tingkat su gandeng cewek itu. Z pu hati hancureeee... hancur lebur sudah!  Z kayak mo batariak, kase runtuh tembok-tembok di depan z tapi. Biar sudah, sedih skali tapi. Z memang blum terbiasa di bagian2 itu mo.

Z prcaya saja, akan ada Kartika yang lain (z sangat baharap waktu itu).

Mulai dari kejadian itu. Z kmbali bersikap sperti masa2 SMA lagi. Z tra peduli deng cewek-cewek. Z tra mo gila gara-gara dorang. Z putuskan untuk z harus kuliah dan harus kmbali ke Nabire. Z harus bahagiakan z pu orang tua dulu. Z su komitmen dan lakukan sperti itu.

Saat ini z su semester lima. Z su punya bnyak teman dari berbagai daerah, kampuz dan agama. Juga teman2 dari negara lain, seperti Papua New Guinea, India, Africa Selatan dan Cina. Dong semua baik-baik, mungkin slama z juga baik-baik sama dorang. Hahahaha ... .

Singkatnya, pengalaman tadi terulang lagi.

Mega, gadis berdarah cina dari kota M itu. De berkenalan sama z. De dekati-dekati z, bahkan ajak makan, karaoke dan ajak bermain ke rumah dia pu orang tua. Sumpah mati, Mega mungkin su gila. Z sbarnya tra trlalu suka dia. Z juga tra mo ambil pusing lagi tapi, de pu perhatian nih macam palu raksasa yang buat z pu tembok komitmen ni hancur sudah. De alihkan sa pu dunia.

Saat itu, z mulai serius deng cewek itu. Uang2 kiriman dari ortu sa kase habis deng dia. Setiap kali ortu kirim uang, langsung makan di KFC, truz karaoke, rekreasi ke pantai dan tempat wisata lainnya. Dan satu lagi, minum-minum deng dia di hotel, hahahahaha,  su semakin gila.

Z su tra tau lagi deng kmpus. Pokoknya z bersenang-senang. Kalo trada tugas kampuz lagi, tra perlu baca2 dan hafal untuk persiapan ujian. Tamba lagi, ko tau, Nona Mega yang cantik ini buat z smakin hilang keseimbangan, olenggg. Z pikir z ni smacam bebas dan dewasa. Z pu teman-teman bilang, z su semakin sombong, semakin gaul dan smakin lincah... z tra peduli deng dong pu pembicaraan. Yang penting z sedang asyik dan bisa berjalan deng cewek cantik peranakan cina itu. Epssss deng dorang!

Akhirnya, satu tahun kmudian, Mega putus deng z. Z hancur trabaek punya, sumpah matii... .

Karna saat itu, Noel z pu adik yang baru semester 1 nih de lapor z pu aktivitas slama ini sama Ortu di kampung. Mulai dari itu, Bapa deng mama tra kirim uang lagi. Ortu dong telfon, langsung tekan z, bilang kalo z harus cari makan, cari biaya kuliah sendiri sampe bisa jadi sarjana. Titik.

Sejak itu, z jadi miskin. Macam burung Nuri yang terbang tinggi dan tiba-tiba sayap patah kena batu katapel, jatuh tu jatuh trusss, kere benar. Krisi ekonomi pribadi pailit punya. Z kembali pake sandal swallow untuk ke Mall. Mega yang dulu di sisiku kini de su kastinggal z karena status yang su jadi begini. Z pu teman-teman  satu angkatan su semester 7. Dong sibuk deng proposal tugas akhir. Sementara Z disini deng z pu penyakit yang baru: strezz, babingung dan gagap dengan kenyataan dunia kampuz dan dunia tempat tinggal yang su asing di z mata.  Trada Mega cwek itu, kampuz satu tahun z su tra kuliah.

Smua kesombongan dan kenikmatan z deng Mega ternyata hanya sebentar. Sakit skali kalo pikir-pikir, tong pu cinta cuma cinta dompet! []

Posting Komentar

0 Komentar