Andy Tagihuma[1]
Kata sastra
bagi masyarakat di Papua terasa asing, namun dalam kehidupan sehari-hari,
sastra sangat berkaitan erat dengan kehidupan orang Papua. Dalam konteks ini, sastra
yang dikenal tersebut adalah tradisi lisan atau sastra lisan[2]. Hingga
saat ini tradisi lisan yang masih dituturkan di sebagian masyarakat Papua
misalnya; cerita rakyat (dongeng, mitos, legenda, pantun, fable), cerita lucu,
teka teki, nyanyian rakyat, bahkan syair yang di lantunkan saat perkabungan
dalam satu keret atau klan, pengelompokan.
Papua dengan lebih dari
250 suku dan bahasa sangat kaya akan sastra lisan. Tiap suku, klan dan keret
memiliki cerita, kisah asal usul dan kehidupan sosial yang penuh dengan nilai
moral, kearifan dalam kosmologi kehidupannya.
Sastra lisan ini di
kelompokkan dalam folklor atau folktale, yang
mencakup kategori dan jenis yang sangat beraneka ragam dan masing-masing sulit
dapat dibedakan dari yang lain. Termasuk di dalamnya cerita-cerita duniawi dan
babad-babad tradisional, di mana tidak dapat ditemukan sisa suasana keajaiban
yang menjadi ciri khas mitos dan dongeng. Akan tetapi dalam sebutan folktale
tercakup juga dongeng, tradisi, dan legenda, yang sedikit banyak berciri
suasana keajaiban. (J. van Baal 1987), dan (Danadjadja, 2002).
Mitos Nabula
Kabula, Nabelan Kabelan dari Lembah Baliem dan Lani, Beorpict, Fumiripict
(Asmat), Manarmakeri (Byak), Waoi Iram (Nimboran) di
Papua secara umum konsepnya tidak berbeda dengan mitos di Yunani. Mitos-mitos
merupakan alegori yang disusun oleh para penyair tentang perjuangan antara
unsur-unsur atau lambang-lambang berbagai-bagai bakat dan watak manusia seperti
rasio, kebodohan, cinta, dan lain-lain. Untuk alegori semacam itu ada
topangannya dalam kenyataan, bahwa beberapa dewa tidak dapat dipungkiri lagi
ada kaitannya dengan segi-segi tertentu dari alam atau sifat-sifat dan kegiatan
manusia seperti Poseidon dan Neptunus dengan laut, Helios dengan matahari,
Diana dengan perburuan, dan Athena dengan kebijaksanaan.[3] Di
Selatan Papua, Suku Marind-Anim di Merauke menyebutkan tentang rasa hormat yang
ajaib yang biasa ditunjukkan oleh orang-orang Marind-Anim dalam menceritakan
mitos-mitos mereka. Ada juga sastra lisan yang di tuturkan sebagai
cerita-cerita lelucon, yang menimbulkan gelak tawa. Kebudayaan menuturkan
cerita lucu merupakan salah satu bagian dari kebudayaan di kawasan Melanesia.
Di Papua cerita lucu ini kemudian di kenal dengan nama MOP, dalam tiap suku, MOP mempunyai tempat
tersendiri dengan masing masing istilah. F.J.F. van Hasselt mengatakan “Mereka
membuat lelucon, dan tidak seorang asing pun yang melihat atau mendengar mereka,
akan menyebut mereka tidak tidak bahagia; terdengar banyak orang tertawa.”
Dari
Sastra Lisan ke Sastra Tulis
Geissler (mansinam.com) |
Setelah murid bertambah banyak dan terbiasa dengan
berlajar dalam ruang kelas barulah sekolah permanen dibangun. Pdt. Geissler
membuka sekolah di Mansinam, dalam sekolah itu ia memberikan pelajaran bahasa
Melayu kepada anak-anak asli di Mansinam[4].
Ottow (mansinam.com) |
Dalam pendidikan waktu itu, selain membaca agar
cepat membaca Alkitab, di ajarkan pula pengetuahuan lainnya, menulis, berhitung
dan pendidikan budi pekerti.[5] Anak-anak
ini menerima pelajaran dari jam 8 sampai jam 12. Sesudah itu bebaslah mereka
untuk makan, bermain atau tidur, tetapi dari jam 4 sampai jam 6 mereka harus belajar
bekerja.
Pengerjaan awal sastra tulis di lakukan Ottow pada
tahun 1857, mereka berhasil menyusun suatu daftar kata dalam bahasa Numfor yang
berisi ratusan kata-kata. Pada tahun berikutnya mereka dapat menyerahkan suatu
daftar yang terdiri dari 1.000 kata kepada dua peneliti yang datang ke Doreh
(Doreh atau Dore terletak di Teluk Wondama di Papua Barat) dengan kapal Etna.
Tetapi Ottow menulis bahwa ia "terpaksa menggunakan banyak kata-kata
Melayu, karena dalam bahasa Numfor tak ada kata-kata untuk hal-hal rohani. Ia
mengeluh juga bahwa apabila ia mendengar sepatah kata yang tak dikenalnya dan
ia menanyakan artinya, jawabnya selalu: "Ya fau i ba" (Saya tak
tahu).[6] Selain
menulis daftar kata, dalam bulan Januari 1857 mereka mulai menulis
"Tinjauan singkat tentang negeri dan penghuni pantai Nieuw Guinea timur
laut". Artikel ini merupakan inventarisasi yang hampir lengkap, sekalipun
masih kurang dalam hal yang terpenting, yaitu dalam organisasi sosial. Ternyata
data-data yang dikemukakannya cukup dapat dipercaya.
Di luar dugaan, Ottow dan Geissler, tapi terutama
yang pertama itu, secara sadar telah mengamati dan mencatat apa yang mereka
temukan di sana. Metode mereka bukanlah suatu metode penyelidikan yang
sistimatis dengan menggunakan daftar pertanyaan dan model-model, seperti yang
dipraktekkan oleh ahli jaman sekarang, melainkan metode yang di dalam antropologi
budaya disebut: observasi dengan partisipasi[7].
Walaupun kesulitan dalam menerjemahkan bahasa Melayu
ke dalam bahasa Numfor, namun Ottow di tahun 1858, ketika ia sudah sedikit bisa
berbahasa Numfor, ia mulai berkhotbah dalam bahasa Numfor. Dengan kemampuan
yang terbatas itu, Ottow berani menterjemahkan empat buah lagu,[8] Ottow
kemudian mengarang enam lagu lagi, kemudian kumpulan lagu tersebut di terbitkan
tahun 1861. Dalam kurun 78 tahun (1857-1935), telah di terbitkan puluhan buku,
diantaranya;
- Spel-en leerboekje voor de scholen op Nieuw-Guinea [4 vol.]. (1867) [author unknown] Utrecht: Kemink & Zoon. (Buku ini berisi permainan-permainan dipergunakan di sekolah dasar di Nieuw Guinea)
- Fajasi Rjo Refo Mansren Allah Bjeda: (Tjeritera Alkitab) kar. Geissler 1868. (Buku yang mengisahkan cerita Alkitab dalam bahasa Numfor)
- Is orne refo rijo Markus kiawer kwaar ro woois woranda be woois Noefoor: het evangelie van Markus overgezet uit de Nederduitsche in de Papoesch-Noefoorsche taal. (Masmur ma Dou Numfor), J.G. Geissler (1871) Utrecht: Kemink & Zoon. (Injil Markus dalam bahasa Numfor dan nyanyian Mazmur dalam bahasa Numfor).
- Allereerschte beginselen de Papoesch-Mefoorsche taal. J.L. van Hasselt (1868) Utrecht: Kemink & Zoon. (Buku ini berisi petunjuk dasar bahasa Numfor).
- Hollandsch-Noefoorsch en Noefoorsch-Hollandsch woordenboek. J.L. van Hasselt (1876a) Utrecht: Kemink & Zoon. (Kamus bahasa Belanda-Numfor dan Numfor-Belanda).
[1]
Pegiat sastra Papua, pernah menjadi wartawan di beberapa media di luar Papua
dan di Papua
[2]
Konteks Sastra Lisan dalam tulisan
ini merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (2002); 1. Hasil kebudayaan lisan
di masyarakat tradisional yang isinya dapat disejajarkan dengan sastra tulis di
masyarakat modern, 2. Sastra yang di wariskan secara lisan seperti, pantun, nyanyian
rakyat, dan cerita rakyat; Selain itu, yang juga berkaitan adalah Susastra;
Sastra yang isi dan bentuknya sangat serius berupa ungkapan pengalama jiwa
manusia yang di timba dari kehidupan kemudian direka dan disusun dengan bahasa
yang indah sebagai saranya sehingga mencapai
syarat estetika yang tinggi.
[3]
Baal 1987, Ilmu Antropilogi I
[4]
Bahasa Melayu yang di pakai pada saat itu adalah standar Bahasa Melayu
Malaysia, sehingga beberapa buku terbitan Papua masuk dalam catalog buku Bahasa
Melayu di Malaysia. Saat ini bahasa Melayu tersebut telah berkembang menjadi
Melayu Papua.
[5] Rumainum,
Sepuluh Tahun GKI Sesudah Seratus Tahun Zending di Papua
[6] Kamma, F.C., Ajaib
di Mata Kita I: Masalah Komunikasi antara Timur dan Barat Dilihat dari Sudut
Pengalaman Selama Seabad Pekabaran Injil di Irian Jaya, Jilid I, Jakarta:
B.P.K. Gunung Mulia,1981.
[7]
Metode pendekatan pastisipasi saat ini di gunakan pula dalam penulisan
antropologi etnografi.
[8] Kamma, F.C., Ajaib
di Mata Kita I: Masalah Komunikasi antara Timur dan Barat Dilihat dari Sudut
Pengalaman Selama Seabad Pekabaran Injil di Irian Jaya, Jilid I, Jakarta:
B.P.K. Gunung Mulia,1981.
Dimuat di Koran Jubi 10 Oktober 2015
Bersambung
0 Komentar